Jumat, 31 Desember 2010

artikel IBD

PSSI DAN NATURALISASI PEMAIN



Sepak bola adalah olahraga yang paling banyak diminati oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Di Indonesia kegiatan olahraga sepak bola berada di bawah naungan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). PSSI dibentuk pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta dengan nama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Nama PSSI lalu diubah dalam kongres PSSI di Solo pada tahun 1930 menjadi Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia sekaligus menetapkan Ir. Soeratin sebagai ketua umumnya.

Prestasi timnas sepak bola Indonesia tidaklah memuaskan. Timnas Indonesia berulang kali harus gagal membawa pulang trophy juara baik di pentas regional maupun internasional. Peringkat terendah timnas Indonesia di FIFA pada bulan September 2010 berada di urutan 141.

Menyusul gagalnya timnas Indonesia baik di pentas regional maupun internasional, PSSI akan mengkaji penggunaan pemain naturalisasi (beralih kewarganegaraan menjadi WNI) dalam timnas. Pemain yang dibidik adalah pemain yang saat ini berada di Australia dan beberapa negara di Eropa diantaranya Belanda.

Pemain yang dinaturalisasi oleh PSSI salah satunya adalah Christian Gonzales. Pemain kelahiran Uruguay ini masuk dalam timnas Indonesia setelah resmi menjadi WNI pada 1 November 2010.

Naturalisasi pemain adalah salah satu opsi meningkatkan kemampuan timnas, selain memaksimalkan pembinaan. Dengan adanya naturalisasi ini diharapkan membawa warna baru bagi timnas Indonesia dan tentunya dapat memberikan kontribusi positif bagi timnas.



Sumber :
www.wikipedia.com
www.antaranews.com
www.bola.vivanews.com
www.kompas-bola.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar