PROSES KEPUTUSAN MEMBELI
Pengertian perilaku pasar konsumen yaitu tempat pertemuan pembeli dan
penjual. Pengertian tersebut adalah pengertian pasar tradisional yang
menurut konsep pemasarannya berbeda-beda dengan pengertian pasar
tradisional sehari-hari. Perbedaan tersebut karena pasar menurut
pemasaran dipandang sebagai sasaran atau tujuan kegiatan pemasaran.
Pasar adalah kelompok individual ( perorangan maupun organisasi )
yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan
berniat merealisasikan pembelian tersebut. Secara keseluruhan, perilaku
pasar bersifat hetrogen. Pemasar memerlukan
kelompok-kelompok pasar yang berperilaku lebih seragam. Untuk tujuan
tersebut, pasar dikelompok-kelompokkan dalam beberapa bagian.
Atas dasar perilaku tujuan pembeliannya, pasar dibedakan menjadi
dalam dua kelompok. Yaitu pasar konsumen akhir (end users)
dan pasar konsumen antara (intermediate consumers).
Meskipun banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam merancang
strategi-strategi marketing mix, tidak ada
yang lebih penting dari perilaku konsumen terhadap pembeli. Perilaku
konsumen yang telah disajikan lebih menekankan pada perilaku konsumen
sebagai suatu proses.
Contoh kasus perilaku konsumen saat membeli suatu barang
Seorang mahasiswa yang ingin membeli
sistem stereo baru akan mengalami suatu proses pengambilan keputusan
yang kompleks sebelum membeli. Ia akan berusaha mencari informasi dari
berbagai sumber untuk membantu dalam mengevaluasi alternatif-alternatif
yang ada. Sering terjadi bahwa keputusan akhir yang diambilnya
mengecewakan setelah dilakukan pembelian atau setelah barang digunakan.
Seperti ini di sebut proses keputusan membeli.
Jadi keputusan tersebut yang akan menentukan proses pengambilan
keputusan dalam pembelian mereka. Proses tersebut adalah sebuah
pendekatan penyelesaian masalah yang terdiri atas enam tahap seperti:
- Menganalisis keinginan dan kebutuhan, terutama untuk mengetahui adanya keinginan dan kebutuhan yang belum terpenuhi atau terpuaskan.
- Menilai beberapa sumber yang ada.
- Menetapkan tujuan pembelian.
- Mengidentifikasikan alternatif pembelian.
- Perilaku sesudah pembelian.
sumber : http://rinaa90.wordpress.com/2011/11/01/bab-5/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar